Standar Oprasional Prosedur ( SOP )
A. Pengertian
Standart Operating Prosedure (SOP) adalah serangkaian instruksi kerja tertulis yang dibakukan (terdokumentasi) mengenai proses penyelenggaraan administrasi perusahaan, bagaimana dan kapan harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan. Menurut Tjipto Atmoko, Standart Operasional Prosedur merupakan suatu pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja instansi pemerintah berdasarkan indikator-indikator teknis, administratif dan prosedural sesuai tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan , nah jadi SOP ini bisa di bilang peratutran atau pedoman lah ya..
B. Latar Belakang
Karna SOP sudah umum di dunia kerja .
C. Maksud dan Tujuan
Agar kita lebih teliti dalam berkerja, setelah kita menjalan kan SOP tersebut maka kita akan bisa menjadi seorang pekerja yang profesional dan memiliki harga jual yang tinggi dalam berkerja , SOP bertujuan untuk menghidari kesalahan/kegagalan, keraguan dan duplikasi .
D. Waktu Dibutuhkan
Selama anda berkerja SOP ini wajib di terapkan , agar tidak terjadi kesalahan dalam berkerja .
E. Referensi
Ebook SOP dari BLC Telkom Klaten
No comments:
Write komentar