Tuesday 9 January 2018

OSI Layer : Pengertian, manfaat dan cara kerja



Gambar terkait  Assalamualaikum warohmatullah
Pertama-tama dan yang paling utama saya panjatkan Puji ke Dzat Ilahi Robbi, Allah Robbul Izati. Dan juga saya panjaktan Puja yang menjadi penghias para pemuda Indonesia. Solawat beserta Salam saya curah limpahkan kepada baginda alam habibi wa habibana wa maulana Nabi Muhammad SAW, tak lupa pada keluarganya, sahabat, tabiin atbauttabiin dan mudah-mudahan sampai kepada kita sebagai umatnya, amiin YRA.


   Hari kedua saya pada tanggal 9 Januari 2018 PKL di BLC Telkom Klaten yaitu: 

  - Mempelajari tentang OSI Layer
A.Pendahuluan
   Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang OSI Layer

 1.Pengertian
     OSI (Open System Interconection) adalah model konseptual yang menjadi ciri dan standarisasi fungsi komunikasi dari sistem telekomunikasi atau komputasi tanpa memperhatikan struktur dan teknologi internal yang mendasarinya
yang mendefinisikan standar koneksi untuk sebuah komputer.
 
 2.Latar Belakang
   Saya mempelajari OSI Layer karna saya ingin memperdalam ilmu pengetahuan saya di bidang jaringan, karna OSI Layer adalah sebuah hal dasar yang perlu kita pelajari untuk memperdalam ilmu jaringan.
3.Maksud dan Tujuan
  • Memahami dan mengetahui tentang pengertian, fungsi, dan cara kerja OSI Layer.
  • Dapat memperdalam ilmu jaringan karna OSI Layer adalah Dasarnya.
4.Hasil Yang di Harapkan
  • Memahami dan mengetahui serta mengamalkan tentang pengertian, fungsi, dan cara kerja OSI Layer.


B.Proses dan Tahapan Kerja

Pada prosesnya model OSI dibagi menjadi tujuh layer yang mana tiap layer tersebut memiliki peran yang saling terkait antara layer diatas dengan layer yang dibawahnya. Berikut ini penjelasan mengenai tujuh layer OSI.
Gambar terkait
 

7. Application Layer

     Application layer merupakan lapisan paling atas dari model OSI dan bertanggung jawab untuk menyediakan sebuah interface antara protokol jaringan dengan aplikasi yang ada pada komputer. Application layer menyediakan layanan yang dibutuhkan oleh aplikasi, seperti menyediakan sebuah interface untuk Simple Mail Transfer Protocol (SMTP), telnet dan File Transfer Protocol (FTP) Pada bagian sinilah dimana aplikasi saling terkait dengan jaringan.

6. Presentation Layer

     Presentation layer bertanggung jawab untuk mendefinisikan sintaks yang digunakan host jaringan untuk berkomunikasi. Presentation layer juga melakukan proses enkripsi/ dekripsi informasi atau data sehingga mampu digunakan pada lapisan aplikasi.

5. Session Layer

     Session layer bertanggung jawab untuk mengendalikan sesi koneksi dialog seperti menetapkan, mengelola dan memutuskan koneksi antar komputer. Untuk dapat membentuk sebuah sesi komunikasi, session layer menggunakan sirkuit virtual yang dibuat oleh transport layer.

4. Transport Layer

    Transport layer bertanggung jawab untuk mengirimkan pesan antara dua atau lebih host didalam jaringan. Transport layer juga menangani pemecahan dan penggabungan pesan dan juga mengontrol kehandalan jalur koneksi yang diberikan. Protokol TCP merupakan contoh yang paling sering digunakan pada transport layer.

3. Network Layer

     Network layer bertanggung jawab untuk menetapkan jalur yang akan digunakan untuk melakukan transfer data antar perangkat didalam suatu jaringan. Router jaringan beroperasi pada layar ini, yang mana juga menjadi fungsi utama pada layer network dalam hal melakukan routing.
Routing memungkinkan paket dipindahkan antar komputer yang terhubung satu sama lain. Untuk mendukung proses routing ini, network layer menyimpan alamat logis seperti alamat IP untuk setiap perangkat pada jaringan. Layer Network juga mengelola pemetaan antara alamat logikal dan alamat fisik. Dalam jaringan IP, pemetaan ini dilakukan melalui Address Resolution Protocol (ARP).

2. Data Link Layer

    Data link layer bertanggung jawab untuk memeriksa kesalahan yang mungkin terjadi pada saat proses transmisi data dan juga membungkus bit kedalam bentuk data frame. Data link layer juga mengelola skema pengalamatan fisik seperti alamat MAC pada suatu jaringan. Data link layer merupakan salah satu layer OSI yang cukup kompleks, oleh karena itu layer ini kemudian dibagi lagi menjadi dua sublayer, yaitu layer Media Access Control (MAC) dan Layer Logical Link Control (LLC).
    Layer Media Access Control (MAC) bertanggung jawab untuk mengendalikan bagaimana sebuah perangkat pada suatu jaringan memperoleh akses ke medium dan izin untuk melakukan transmisi data. Layer Logical Link Control (LLC) bertanggung jawab untuk mengidentifikasi dan membungkus protokol network layer dan mengontrol pemeriksaan kesalahan dan juga melakukan sinkronisasi pada frame.

1. Physical Layer

    Physical layer merupakan layer pertama  atau yang terendah dari model OSI. Layer ini bertanggung jawab untuk mentransmisikan bit data digital dari physical layer perangkat pengirim (sumber) menuju ke physical layer perangkat penerima (tujuan) melalui media komunikasi jaringan.
    Pada physical layer data ditransmisikan menggunakan jenis sinyal yang didukung oleh media fisik, seperti tegangan listrik, kabel, frekuensi radio atau infrared maupun cahaya biasa. 

 
C.Hasil Yang di Dapatkan
   - Menambah pengetahuan tentang OSI Layer
   - Semakin  memahami apa itu OSI Layer
D.Kesimpulan 
     Kesimpulannya jadi, OSI Layer yaitu sebuah model referensi yang berbentuk kerangka konseptual yang mendefinisikan standar koneksi untuk sebuah komputer.


E.Referensi
http://www.nesabamedia.com/pengertian-osi-layer/ 
https://en.wikipedia.org/wiki/OSI_model

Sekian dari saya untuk pelajaran di hari kedua ini, semoga bermanfaat bagi saya sendiri dan juga bagi kalian yang membacanya... amiiin YRA

Wassalamualaikum warohmatullah



No comments:
Write komentar