Wednesday 17 January 2018

Bash Comand in Terminal Linux

Comand Linux Interfaces







Pendahuluan
     Karena di BLC itu adalah tempat dimana kalian akan menemui hal-hal yang baru, maka di BLC kalian tidak akan menemukan satu orang pun yang ada di BLC yang memakai Sistem Operasi Windows. Kenapa begitu? karena di sana kalian sangat diwajibkan untuk memakai Sistem Operasi Open Sources, jadi kali ini saya akan memberikan salah satu pelajaran yang saya dapat di BLC, yaitu bash . . . apa itu bash? kita simak di bawah ini.
a.Pengertian
      Bash adalah sebuah shell Unix dan command Line Interface (CLI) language yang dibuat oleh Brian Fox untuk project GNU sebagai salah satu software gratis yang menggantikan keberadan Bourne shell. Bash shell direlease pada tahun 1989, dan telah didistribusikan secara meluas sebagai default shell untuk system Operasi GNU dan juga sebagai default shell untuk Linux dan OS X. Dan kabar gembira untuk pengguna windows, karena pada windows 10 redstone telah mulai direlease bash command sebagai linux subsystem, dan rencananya akan di publikasikan pada bulan juni 2016.
b.Latar Belakang
     Bash merupakan kebutuhan yang ada di dalam sistem operasi yang digunakan dakam menjalankan aplikasi-aplikasi yang ada dalam linux.
c.Maksud dan Tujuan
     Tujuan saya yaitu agar pengguna pemula bisa mengerti dan mengetahui beberapa perintah linux seperti yang akan dijelaskan yaitu bash.
d.Hasil yang Diharapkan
     Bisa mengerti dan paham mengenai apa itu bash dan bagaimana cara kerjanya.

     bash syntax pertama di tulis adalah "#!/bin/bash" .karena directory utama Bash ada di "/bin/bash". Comment pada bash menggunakan tanda pagar (#) yang di maksud comment di sini adalah kata kata yang kita tulis setelah tanda pagar (#) tidak akan di eksekusi oleh bash.
 Oke,langsung saja kita mulai membuat program pertama Bash. buka text editor anda seperti nano, Atom, Sublime text, Dll. lalu masukan berikut :

#!/bin/bash
echo "Hello bash" # untuk menampilkan "Hello bash" dam simpan di folder home kalian
lalu buka terminal linux bisa menggunakan ctrl+alt+t dan ketikkan (bash namafile.sh) maka terminal akan membaca otomatis apa yang kalian coding tadi yaitu pada syntag echo yang menampilkan 'hello bash'

e.Kesimpulan
      Dengan kita mempelajari basic-basic yang ada di linux minimal kita bisa mengetahu beberapa perintah-perintah basic yang ada di linux.

f.Referensi
     My Partner at BLC

No comments:
Write komentar